Pulau Samosir dan Danau Toba

Tuesday, June 8, 2010 , Posted by HB at 4:27 PM

mangalahat-horbo

 

Dari Kota Medan akses ke Danau Toba dapat dilakukan melalui jalur; Tebing Tinggi, lanjut ke Pematang Siantar dan menyebrang di Parapat (Ajibata). Sedangkan alternatif lainnya adalah melalui jalur; Brastagi, Kabanjahe, Tongging, Sidikalang, kemudian melalui Tele, menyebrang ke Pangururan di Pulau Samosir.

 

Kemolekan alamnya merupakan daya tarik utama dari Danau Toba.

Sejauh mata memandang hamparan air yang tenang dikelilingi gunung dan bukit, yang terkadang diselingi oleh awan dan kabut yang menggantung, memberikan kesejukan dan rasa damai di hati.

 

Memasuki Pulau Samosir, nuansa budaya yang kental siap menyambut kedatangan kita, dengan peninggalan sejarah dan budaya yang rancak ragamnya.

 

Melengkapi potensinya sebagai DTW (Daerah Tujuan Wisata), puluhan penginapan siap menampung wisatawan, baik di daerah Parapat maupun di Pulau Samosir.

 

Sebagai destinasi fotografi, kawasan ini memenuhi persyaratan guna merekam keindahan alam, kegiatan manusia dan warisan budaya bangsa yang berumur ratusan tahun.

 

Dengan semua yang dimiliki Danau Toba dan Pulau Samosir, tidak mengherankan, bila posisinya dalam Peta Wisata Indonesia, ada pada posisi 5 besar bersama dengan Pulau Bali, Gunung Bromo, Tana Toraja dan Pulau Lombok.

 

 

img_dep_photo2_june2010Sebuah gereja diatas bukit di parapat

 

img_dep_photo3_june2010  

Danau toba, dalam perjalanan menuju Harianboho dan Tele, selepas Panguruan

 

img_dep_photo4_june2010Rumah adat batak toba di Pulau Samosir

 

img_dep_photo5_june2010 

3 penari wanita dalam pertunjukan Mangalahat Horbo

 

img_dep_photo6_june2010

Alam samosir yang asri, dimana burung bangau dapat bermain dengan leluasa

 

img_dep_photo7_june2010

Boneka kayu untuk acara Sigale – gale didekat makam Raja Sidabutar - Tomok

 

 

 

Semoga di tahun-tahun mendatang Pemerintah lebih bergiat lagi membenahi infra struktur di Kawasan Toba- Samosir, sehingga daya tariknya tidak cedera oleh jalan dan jembatan yang sulit dilalui.

 

 

 

Source : http://garudamagazine.com

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment